Headlines News :
Home » » Tanda-tanda HIV positif!

Tanda-tanda HIV positif!

Written By Maryono on May 10, 2013 | 4:37 PM



Kenali 15 tanda HIV positif!


Banyak orang tidak tahu ketika mereka telah terinfeksi virus HIV (Human Immunodeficiency Virus). Tanda-tanda HIV sendiri mulai muncul hanya setelah masa inkubasi berakhir. Jika virus itu tertidur dalam aliran darah, Anda mungkin tidak melihat gejala-gejala HIV selama bertahun-tahun berikutnya. Namun, ketika tanda-tanda HIV mulai muncul, kondisi Anda kan memburuk dengan cepat. Berikut adalah beberapa tanda-tanda HIV yang harus Anda kenali, terutama bagi pemakai narkoba jarum suntik dan pelaku seks bebas. Yuk simak ulasan dari Boldsky!

1. Demam secara mendadak

Ketika Anda pertama kali terkena virus HIV, Anda mungkin akan mengalami demam ringan. Demam akan disertai dengan batuk dan pilek. Demam ini reda dalam beberapa hari dan Anda mungkin tidak akan mengalami gejala lainnya selama bertahun-tahun berikutnya.

2. Kelelahan

Ini adalah tanda awal HIV yang sering diabaikan. Kelelahan dapat terjadi karena beberapa alasan. Tetapi jika Anda telah tidur dengan baik, memiliki cukup istirahat dan tetap masih merasa lelah sepanjang waktu, hal itu perlu dicurigai.

3. Demam yang mengganggu

Demam yang Anda alami saat terinfeksi HIV sangat berbeda dengan apa yang Anda derita sebelumnya. Ini semacam demam ringan yang mengganggu dan berlangsung selama berminggu-minggu.

4. Pembengkakan getah bening

Pembengkakan kelenjar getah bening biasa terjadi karena kelenjar ini juga merupakan bagian dari sistem imun yang akan mengalami peradangan jika terjadi infeksi. Kelenjar getah bening banyak dijumpai di ketiak, paha, dan leher.

5. Sakit kepala

Ketika seseorang positif HIV, Anda akan mengalami sakit kepala konstan yang membuat Anda merasa demam dan lemah.

6. Sakit tenggorokan

Infeksi HIV membuat seseorang rentan menderita gejala seperti flu, sakit tenggorokan dan batuk. Hal ini dikarenakan mekanisme pertahanan tubuh Anda sedang turun.

7. Sensitivitas kulit

Mereka yang positif HIV akan menjadi terlalu sensitif pada bagian kulit. Terkadang, sedikit goresan saja dapat berubah menjadi ruam kulit atau membuat Anda berdarah.

8. Mual dan diare

Penderita HIV akan kehilangan nafsu makan karena mual dan makanan tidak bisa dicerna dengan baik. Hal ini dikarenakan bakteri baik dalam perut secara perlahan mati.

9. Perubahan warna kuku

Kuku akan tumbuh lebih tebal, mengeriting dan bahkan berubah warna apabila seseorang HIV positif. Hal ini terutama disebabkan oleh ragi dan infeksi jamur pada kuku.

10. Berkeringat di malam hari

Sama seperti wanita yang mengalami menopause, orang HIV positif akan sering berkeringat di malam hari. Mereka akan berkeringat di tengah malam sehingga menjadi susah tidur lelap.

11. Infeksi atau luka genital

Virus HIV hadir dalam cairan kelamin seperti lendir. Itulah mengapa hal itu dapat menyebabkan infeksi genital seperti herpes dan luka pada tahap lanjut.

12. Kesemutan di tangan dan kaki

Penderita HIV positif akan merasakan sensasi kesemutan yang terjadi di sekujur tubuh. Mereka akan merasakan sensasi seperti ditusuk jarum pada ujung jari dan jari kaki, yang terjadi ketika virus mulai mempengaruhi sistem saraf.

13. Kebingungan dan kehilangan memori

Virus HIV mempengaruhi =setiap bagian tubuh, termasuk sel-sel otak. Terkadang, virus ini dapat menyebabkan demensia, kebingungan dan kehilangan memori pada tahap selanjutnya dari infeksi.

14. Menstruasi tidak teratur

Perempuan yang positif HIV akan mengalami masalah dalam siklus menstruasi mereka, yang membuat periode mereka jadi tidak teratur dan lebih sedikit. Hal ini terutama dikarenakan jumlah darah menurun dan kerusakan kesehatan secara keseluruhan.

15. Berat badan turun drastis

Ketika seseorang berada di stadium lanjut HIV, ia akan kehilangan sejumlah besar bobot badannya karena serangan diare dan infeksi.

Inilah lima belas tanda seseorang positif HIV. Sebelum terkena, hindari perilaku seks bebas dan narkoba!

 Reporter : Destriyana
Sumber : www.merdeka.com
Share this article :

0 comments:

VISITOR

Business Top  blogs Business Blogs
Ping.sg 
Finance blog
 
Support : Creating Website | rajawa01Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2012. "RAJAWA01" Peduli Pendidikan - All Rights Reserved