RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SATUAN PENDIDIKAN           :
SMK NEGERI 2 KOTA 
MATA  PELAJARAN              : APLIKASI PENGOLAH ANGKA /
SPREADSHEET
KELAS/SEMESTER              : X / 1
  
MATERI POKOK                  : Mengolah data dengan mengunakan program pengolah angka.
A.      
 
A
rat
A.     
TUJUAAN PEMBELAJARAN
1.    
Menjelaskan pengertian, jenis dan fungsi
program paket pengolah angka
2.    
Menjelaskan jenis dan fungsi sumber data
3.    
Menjelaskan karakter data
4.    
Menjelaskan karakter sel
5.      
Menjelaskan jenis dan
fungsi rumus matematika
B.     
KOMPETENSI INTI 
1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.    Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.   
Memahami,menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang  ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.   
Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak  terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas
spesifik di bawah pengawasan langsung.
C.     KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.1    Menunjukkan keimanan
sebagai rasa syukur dan keyakinan terhadap kebesaran Sang Pencipta karena
menyadari keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya yang diatur oleh
Sang Pencipta.
2.1 Memiliki
motivasi internal dan menunjukkan rasa ingin tahu dalam menemukan dan    memahami pengetahuan dasar tentang ilmu yang
dipelajarinya.
2.2  Menunjukkan perilaku ilmiah
(disiplin, jujur, teliti, tanggung jawab, obyektif, kritis, kreatif, inovatif,
santun, peduli dan ramah lingkungan) 
dalam melakukan pekerjaan sebagai bagian dari sikap ilmiah
3.1.       
3 Menjelaskan standar operasional prosedur
untuk mengoperasikan paket program pengolah angka/spreadsheet yang ditetapkan
oleh perusahaan 
3.2.       
Menjelaskan pengertian, jenis dan fungsi
program paket pengolah angka
3.3.       
Menjelaskan jenis dan fungsi sumber data
3.4.       
Menjelaskan karakter data
3.5.       
Menjelaskan karakter sel
3.6.       
Menjelaskan jenis dan fungsi rumus
matematika
D.      MATERI
PEMBELAJARAN
Pengertian Software Spreadsheet
Merupakan software atau program aplikasi yang berupa lembar kerja
elektronik yang didesain untuk keperluan pengolahan angka
Fungsi software spreadsheet:
1. Menghitung angka
dengan cepat
2. Menganalisa hasil
pengolahan angka
3. Menampilkan data
dalam berbagai jenis tabel, mulai dari bentuk bar, graphic, pie, line dan
    banyak lagi
5.      Memproyeksikan data
Software yang tergolong dalam spreadsheet:
1.     Microsoft Excel
2.     Open Office Calc
3.     Lotus
4.     Lotus 123
5.     Simphony
6.     dll
E.      
Metode Pembelajaran 
Pendekatan                 :    Saintifik (scientific). 
Metode                         
:   Ceramah, Diskusi  dan Praktik perorangan/ kerja kelompok
F.      Media pembelajaran
1.      
Lembar kerja (siswa) 
2.      
Bahan tayang dan Bahan Ajar
G.     Sumber belajar
·      Buku excel 2007
, Penerbit Maxikom
·      Buku excel
Keuangan : Penerbit Erlangga
H.     Langkah-langkah  Pembelajaran 
| 
Kegiatan | 
Deskripsi
  Kegiatan | 
Alokasi
  Waktu | 
| 
Pendahuluan | 
1.      
  Guru memberikan gambaran tentang spreadsheet dalam kehidupan sehari -  
2.      
  Sebagai apersepsi untuk memotivasi siswa
  berpikir kritis, diingatkan
  kembali tentang : spreadsheet dalam kehidupan sehari -  | 
15
  menit | 
| 
Inti | 
·  
  Mengamati 
-         
  Mengkaji
  program pengolah angka 
·     Menanya 
-         
  Mengajukan
  pertanyaan program pengolah angka 
·    
  Pengumpulan Data  
-         
  Mendiskusikan
  pengunaan program pengolah angka 
·     Mengasosiasi 
-         
  Berlatih
  menyebutkan langkah mengolah data 
·    
  Mengkomunikasikan 
-         
  Menyajikan
  hasil dari program pengolah angka | 
240
  menit | 
| 
Penutup | 
1.      
  Siswa dengan
  bimbingan guru menyimpulkanmateri tentang program pengolah angka 
2.      
  “Guru memberikan soal latihan
  sebagai tugas mandiri | 
15 menit | 
I.       
Penilaian 
·      
Tugas :
-         
Mengkaji
tentang program pengolah angka
·      
Pengamatan Sikap    pada kegiatan :
-         
Diskusi
· 
Portofolio
-         
Laporan
hasil  kerja kelompok/mandiri
·  
Tes :
-         
Tertulis uraian/praktek
Instrumen
Penilaian 
| 
No | 
Aspek yang dinilai | 
1 | 
2 | 
3 | 
4 | 
Keterangan | 
| 
1. | 
Sikap 
a.       
  Terlibat aktif dalam pembelajaran  
b.       
  Bekerjasama dalam kegiatan kelompok. 
c.       
  Toleran terhadap pendapat
  yang berbeda  | 
1.    
  Kurang 
2.    
  Cukup 
3.    
  Baik 
4.    
  Amat baik | ||||
| 
2. | 
Keterampilan 
a.       
  Mampu menjelaskan program pengolah angka 
b.       
  Mampu medeskripsikan jenis program pengolah angka | 
1.      Tidak dapat
  menjelaskan program pengolah anngka 
2.      Belum
  semuanya benar dalam menjelaskan macam dan jenis spreadsheet 
3.      Dapat
  menjelaskan macam dan jenis speadsheet tapi kurang dapat menerapkan fungsi /
  rumus spreadshheet 
4.      dapat
  menjelaskan tentang spreadsheet dan dapat menerapkan semua fungsi dan rumus
  spreadsheet | ||||
| 
Jumlah | ||||||
Catatan 
:  
Skore Perolehan
(SP) = jumlah perolehan nilai / 16 X 100
Jika  nilai SP :    0    s/d  
74   Kurang
                         75 
s/d   80   Cukup
                                          81 
s/d   90   Baik
 91  s/d 100 
 Amat Baik 
Pengetahuan
a.       
Mampu menjelaskan tentang spreadsheet
b.       
Mampu menjelaskan pengertian dan fungsi spraedsheet
c.       
Mampu menerapkan fungsi dan rumus pada program
pengolah angka
Instrumen
Penilaian 
| 
No | 
S o a l | 
Kunci Jawaban | 
Skor | 
| 
1 | 
Jelaskan Langkah-langkah
  membuka program Microsoft Excel | 
 | 
     10 | 
| 
2 | 
Jelaskan Cara
  membuat dua baris satu kolom | 
 Cara 1,  
contoh kolom kode motor 
- ketik teks pada baris 1 kode 
- ketik teks pada baris 2 motor 
- baris tengah tidak perlu diberi
  garis tebal 
 Cara 2, 
- ketik teks pada baris 1 No. 
- blok baris 1 dan 2 
- klik kanan, format cell,
  alignment 
- pada text alignment, horisontal
  pilih center, vertical pilih center 
- pada text control, centang pada
  merge cells dan wrap text 
- klik Ok | 
10 | 
| 
3 | 
Jelaskan Cara
  memberi garis pembatas | 
 
 | 
10 | 
| 
Skor Maksimal | 
   30 | 
Cara
Penilaian      :
                Nilai Tes   =  
Skor siswa / 10 x 100
TUGAS MANDIRI
Selesaikan soal berikut ;
           1. Berikan beberapa contoh program
pengolah data yang handal dan banyak 
                 digunakan saat ini? 
2. Tuliskan
keunggulan-keunggulan (minimal 5)  yang
dimiliki MS. Excel
3. Apa nama bagian dibawah ini, dan
tuliskan sub menunya masing-masing 2 buah
4  Apa fungsi dari toolmenu berikut :  
      A.  B.
                                                B.

Bekasi,  Juni 2014
Penyusun,
Maryono,SE.


 

2 comments:
trims banyak kami dapat belajar dan mulai menggunakan k13, khususnya produktif AK, sukses selalu untuk Anda
I will probably be back again to browse much more, many thanks for the data.
Post a Comment